Skip to content

Panduan merumuskan Renstra Rumah Sakit

March 22, 2010

I. Latar Belakang

Beberapa issue penting yang mendasari dilaksanakannya perumusan Rencana Strategik RS ( RENSTRA-RS ) adalah sebagai berikut :

  1. Adanya perubahan lingkungan, khususnya di wilayah kerja RS, diantaranya : Kebijakan otonomi daerah, Ketentuan perijinan RS, Perkembangan pada sektor kesehatan, dan sektor lain yang terkait, atau Peningkatan kompetisi bisnis antar RS
  2. Adanya peningkatan kinerja RS, yang ditunjukkan oleh : Indikator kinerja RS, Indikator mutu klinik RS, atau Adanya potensi pasar yang dapat diraih
  3. Adanya tuntutan untuk mengembangkan RS ke arah yang lebih baik

RENSTRA-RS disusun sebagai upaya sistematik untuk mewujudkan kondisi yang kondusif dan gerakan yang sinergi, efektif dan efisien, sehingga dapat diperoleh hasil yang diharapkan

II. Tujuan dan Sasaran Perumusan RENSTRA-RS

Tujuan perumusan RENSTRA-RS adalah untuk memberikan arah ( guideline ) tentang kebijakan RS yang akan di implementasikan ke dalam kegiatan tahunan, yang di susun berdasarkan analisis kuantitatif maupun kualitatif atas kinerja RS.

Sasaran perumusan RENSTRA-RS adalah diperolehnya prediksi mengenai kondisi yang akan dihadapi dan yang akan di capai oleh RS dalam kurun waktu 5 ( lima ) tahun ke depan ( 2010-2015 )

 III. Tatalaksana Proses Perumusan RENSTRA-RS

Tatalaksana proses perumusan RENSTRA RS mengikuti kaidah teoritik yang di ambil dari sumber literatur manajemen strategik ( penulis : John M Bryson ), dengan pendekatan praktik sesuai kondisi lapangan dan ketersediaan sumber daya RS 

 FILOSOFI, VISI, MISI DAN NILAI-NILAI

 I. Filosofi RS

Dengan modal iman dan taqwa kepada Allah swt, bahwa bekerja adalah ibadah dan keikhlasan, meraih ridhlo Allah swt, untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, oleh karena nya RS berkeyakinan bahwa :

  1. Karyawan yang kompeten dan berkomitmen tinggi kepada RS merupakan asset yang sangat berharga
  2. Kepuasan dan kesetiaan pelanggan adalah dasar bagi kelangsungan RS
  3. Mutu pelayanan RS merupakan pengikat kesetiaan pelanggan
  4. Kebersamaan adalah kunci untuk mencapai kesejahteraan bersama

penjelasan :

bahwa RS yakin mengenai arti penting karyawan, pelanggan, dan mutu, bagi kelang -sungan kehidupan organisasi RS, dalam mencapai tujuan yaitu mewujudkan kesejah -teraan bersama bagi semua pihak, tanpa membedakan agama maupun golongan

II. Visi RS

Misal :

Menjadi layanan kesehatan yang dipilih, tingkat regional,  tahun 2010

penjelasan :

bahwa untuk mewujudkan kesejahteraan bersama bagi semua pihak, maka RS harus menjadi lembaga pelayanan kesehatan yang dipilih oleh masyarakat

III. Misi RS

Menyelenggarakan pelayanan kesehatan rumah sakit, yang customer’s oriented,
serta dapat dipertanggung jawabkan secara administrasi, profesi, finansial
dan legalitas hukum, untuk kesejahteraan bersama

 penjelasan :

bahwa untuk untuk bisa dipilih oleh masyarakat maka RS haruslah menyelenggarakan pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat ( customer’s oriented ), dan bahwa pelayanan RS harus dapat dipertanggung jawabkan, baik secara : administrasi profesi, finansial dan legalitas hukum

IV. Nilai – Nilai

  1. Shared vision, shared mission, shared beliefs and shared values
  • bahwa visi dan misi RS yang telah ditetapkan harus menjadi visi dan misi bersama ( shared vision and shared mission ) bagi seluruh pihak yang terlibat di RS ( pemilik RS, pengelola RS dan pelaksana RS )
  • shared vision dan shared mission tersebut di atas harus dikomunikasikan dengan jelas dan benar, kepada seluruh pihak terlibat, untuk menumbuhkan keyakinan bersama ( shared beliefs ) bahwa visi dan misi RS yang telah ditetapkan menjanjikan kelangsungan hidup dan kesejahteraan semua pihak
  • untuk dapat menumbuhkan keyakinan bersama, maka penyelenggaraan RS haruslah menjunjung tinggi nilai bersama yang luhur ( shared values )
  1. Arti  pasien bagi RS
  • pasien adalah orang yang paling penting dalam urusan RS
  • pasien bukan pengganggu pekerjaan RS, pasien adalah tujuan pekerjaan RS
  • RS bukanlah bermurah hati dengan memberikan pelayanan kepada pasien, akan tetapi pasienlah yang bermurah hati telah memberikan kesempatan ke -pada RS untuk melayani mereka
  • pasien bukan lah barang, pasien adalah makhluk manusia dengan rasa dan perasaan, yang bisa menyatakan suka dan tidak suka atas perlakuan RS
  • pasien berhak menyampaikan keluhannya kepada RS, dan adalah tugas RS untuk menangani keluhan tersebut dengan cara yang menyenangkan dan penuh kesediaan untuk melayani
  1. Personal value

Personal value yang harus di junjung tinggi oleh seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan RS adalah :

kejujuran

kejujuran merupakan nilai dasar utama, dapat membedakan dan memilih antara hal yang baik dan hal yang buruk, berani menyampaikan apa adanya dan dapat di percaya

kerja keras

kerja keras akan mendorong tumbuhnya kreatifitas dan inovasi dalam bekerja, tidak mudah menyerah menghadapi hambatan maupun tantangan

kerendahan hati

rendah hati, menyadari kelebihan dan kekurangan, dapat terbuka dalam menerima saran dan masukan, mau belajar

kesediaan melayani

kesediaan melayani dengan sabar, tulus, empati dan ikhlas, akan menjadikan semua pekerjaan menjadi mudah, nyaman dan menyenangkan

kompeten

penguasaan atas ilmu pengetahuan dan ketrampilan sesuai profesi, untuk dapat melakukan tugas pekerjaannya dengan kualitas tinggi, dapat di nilai dan dapat di pertanggung jawabkan

rasional

menjalankan tugas pekerjaan dengan berdasar pada data dan bukti ( evident based ), secara sistematis berkesinambungan ( plan-do-check-act )

komitmen

bersedia berjuang bersama mewujudkan visi dan misi bersama

tenggang rasa

saling menghormati, bisa menerima perbedaan, bisa memahami perasaan orang lain

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: